Pages

Sabtu, 02 November 2013

Mengatasi Kejenuhan Belajar

Kejenuhan belajar adalah masalah yang banyak dialami oleh para pelajar dan mahasiswa di mana akibat serius dari masalah tsb adalah menurunnya motivasi belajar, timbulnya rasa malas yang berat, dan menurunnya prestasi belajar.

Sebelum membahas masalah kejenuhan belajar, kita perlu membahas lebih dulu pengertian kejenuhan secara umum.

DEFINISI KEJENUHAN SECARA UMUM:

Kejenuhan adalah suatu kondisi mental di mana seseorang merasa dihinggapi kebosanan yang amat sangat untuk melakukan tugas rutin yang sudah sejak lama dilakukannya. Secera ringkas kejenuhan dapat diartikan sebagai kebosanan yang amat sangat.

Tugas rutin yang sering dihambat oleh timbulnya kejenuhan di antaranya adalah belajar dan bekerja.  Untuk orang yang masih berstatus pelajar atau mahasiswa, mereka bisa mengalami kejenuhan belajar. Untuk orang yang berstatus pekerja dalam bidang apa saja, mereka bisa mengalami kejenuhan bekerja. Dalam kesempatan ini kita akan membahas masalah kejenuhan belajar.

DEFINISI KEJENUHAN BELAJAR

Kejenuhan belajar adalah suatu kondisi mental di mana seorang pelajar atau mahasiswa mengalami kebosanan yang amat sangat untuk melakukan aktifitas belajar, dan kebosanan tsb membuat motivasi belajar mereka menurun.

FAKTOR PENYEBAB KEJENUHAN BELAJAR

Kejenuhan dalam bidang apa saja pada umumnya disebabkan oleh aktifitas rutin yang dilakukan dengan cara yang monoton atau tidak berubah-ubah, dalam waktu lama.

Dengan demikian kejenuhan belajar biasanya lebih sering menghinggapi pelajar atau  mahasiswa yang sejak SD sudah menjadi pelajar yang rajin.

Berbagai penyebab kejenuhan belajar yang perlu diketahui di antaranya adalah sebagai berikut:

1.Belajar dilakukan dengan metode yang tidak bervariasi.

2.Belajar hanya dilakukan ditempat tertentu saja. Misalnya di kamar tidur

3.Kondisi ruang belajar yang tidak berubah-ubah, terutama di rumah

4.Kurang melakukan aktifitas rekreasi atau hiburan untuk menetralisir kelelahan berpikir setelah beajar

5.Adanya ketegangan mental yang kuat dan berlarut-larut di saat belajar.

Ketegangan mental tsb bisa timbul dari beban pelajaran yang terlalu berat, target untuk mencapai prestasi puncak, guru / dosen yang terlalu galak / killer, dan hal-hal lain yang menimbulkan ketegangan mental.

AKIBAT KEJENUHAN BELAJAR

Beberapa akibat yang ditimbulkan oleh kejenuhan belajar adalah sebagai berikut:

1.Timbulnya rasa malas yang berat untuk belajar

2.Di saat belajar merasa kehilangan semangat  dan tidak bergairah

3.Merasa sulit untuk berkonsentrasi di saat belajar

4.Pelajar yang tadinya rajin berubah menjadi malas dan prestasinya menurun.

5.Kadang-kadang rasa malas tsb sedemikian beratnya sehingga seorang pelajar / mahasiswa merasa seperti tidak mau belajar sama sekali.

CARA MENCEGAH & MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR

1.Belajar dengan metode yang bervariasi. Misalnya dengan membuat ringkasan bahan pelajaran sejak awal semester.

2.Belajar di beberapa tempat yang cukup nyaman seperti ruang tidur, ruang khusus belajar (kalau ada), ruang tamu, di rumah teman untuk belajar bersama, dll.

3.Mengadakan perubahan fisik di ruang belajar

4.Menciptakan suasana yang menyenangkan di ruang belajar. Misalnya belajar sambil mendengar music instrumental yang tenang

5.Melakukan aktifitas rekreasi secara berkala

6.Menghindari adanya ketegangan mental di saat belajar

7.Melakukan aktifitas meditasi untuk menetralisir kejenuhan belajar dan menetralisir berbagai kondisi mental yang negative lainnya seperti stress, rasa cemas, tidak PD, dan menanamkan kondisi ketenangan sampai ke alam bawah sadar.

0 komentar:

Posting Komentar